= Welcome My Blog =

Hai, selamat datang di blog saya,
enjoy my blog
have fun :)

Popular Posts

My Blog List

www.gunadarma.ac.id. Diberdayakan oleh Blogger.
Rabu, 21 Januari 2015
Proses komunikasi yang pada awalnya menggunakan media sederhana, audio-visual langsung, kini di era globalisasi media itu diperkaya, didukung, dan diperluas oleh perangkat jaringan telekomunikasi global (internet) sehingga baik muatannya (informasi) maupun kecepatannya (akses) semakin tinggi dan mampu menembus dimensi ruang dan waktu, serta pengaruhnya yang lebih kuat dan luas meliputi hampir seluruh aspek kehidupan manusia di seluruh dunia yang meliputi tatanan kedaulatan negara, demokrasi, politik, diplomasi, hukum, ekonomi, sosial, dan budaya. Bila kita menoleh ke belakang, semua ini tidak lain disebabkan oleh globalisasi.
Globalisasi pada hakekatnya ialah suatu fenomena perubahan peradaban manusia dengan lingkungan dunia. Di dalam prosesnya terjadi interaksi global dari berbagai aspek kehidupan ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi yang disertai oleh perbenturan-perbenturan dan integrasi, sehingga muncul nilai-nilai dan pandangan-pandangan baru yang berskala dunia yang menuntut orientasi berpikir yang baru pula (Rana Baskara H., 1997).
Globalisasi sebenarnya sudah lama terjadi, terutama di bidang ideologi, politik, dan ekonomi. Sejak dulu kita mengenal paham demokrasi, liberalisme, sosialisme, nasionalisme, dan paham-paham lainnya yang gemanya menggaung ke seluruh dunia. Demikian pula di bidang ekonomi, sejak dulu orang sudah melakukan perdagangan antar bangsa. Jadi sebenarnya globalisasi yang diramaikan sekarang adalah globalisasi yang didukung oleh kecanggihan ilmu pengatahuan dan teknologi yang berdampak luas terhadap tatanan kehidupan suatu masyarakat, bangsa dan negara. Kecanggihan IPTEK dimaksud adalah kecanggihan di bidang teknologi transportasi dan TIK (ICT) yang memiliki daya dobrak yang paling kuat di abad ini dalam mempercepat proses globalisasi.

sumber :http://teknologi.kompasiana.com/internet/2012/01/07/internet-kebutuhan-dasar-manusia-428170.html

0 komentar: