= Welcome My Blog =
Hai, selamat datang di blog saya,
enjoy my blog
have fun :)
enjoy my blog
have fun :)
= Mengenai Saya =
Blog Archive
-
►
2017
(6)
- ► 05/07 - 05/14 (3)
- ► 04/02 - 04/09 (2)
- ► 03/19 - 03/26 (1)
-
▼
2016
(8)
- ► 11/27 - 12/04 (1)
- ► 10/16 - 10/23 (1)
- ► 04/17 - 04/24 (2)
- ► 04/03 - 04/10 (1)
- ► 03/06 - 03/13 (1)
-
►
2015
(24)
- ► 11/22 - 11/29 (1)
- ► 10/18 - 10/25 (1)
- ► 05/31 - 06/07 (5)
- ► 04/26 - 05/03 (5)
- ► 04/12 - 04/19 (3)
- ► 03/22 - 03/29 (3)
- ► 03/08 - 03/15 (1)
- ► 01/18 - 01/25 (5)
-
►
2014
(19)
- ► 12/21 - 12/28 (7)
- ► 11/23 - 11/30 (2)
- ► 11/09 - 11/16 (2)
- ► 10/12 - 10/19 (1)
- ► 10/05 - 10/12 (1)
- ► 09/28 - 10/05 (1)
- ► 04/27 - 05/04 (1)
- ► 04/13 - 04/20 (1)
- ► 04/06 - 04/13 (1)
- ► 03/23 - 03/30 (1)
- ► 03/16 - 03/23 (1)
-
►
2013
(2)
- ► 12/01 - 12/08 (1)
- ► 10/27 - 11/03 (1)
Popular Posts
-
PENGERTIAN PENALARAN proses berpikir yang bertolak dari pengamatan indera (pengamatan empirik) yang menghasilkan sejumlah konsep dan ...
-
GADGET SEBAGAI KEBUTUHAN MANUSIA Gadget memang erat dengan kehidupan sehari-hari. Gadget sekarang sudah menjadi kebutuhan yang tak b...
-
Pendapatan Nasional dengan Perekonomian Tertutup Sederhana Dua Sektor Pendapatan Nasional dengan Perekonomian Tertutup Sederhana Dua ...
-
BUDAYA DENGAN SASTRA Ilmu Budaya Dasar (yang dahulu di sebut sebagai Basic Humanities) berasal dari bahasa latin yang di sebut dengan “hu...
-
Ketentuan Umum Pada undang-undang no 36 tentang telekomunikasi, terdapat pada BAB I dan Pasal 1. Pada bagian ini terdapat pengertian men...
-
Judul buku : Penelitian Ilmiah dan Martabat Manusia Penulis : Reza A. A. Wattimena Penerbit : evolitera Tahun Terbit: 2011 ...
-
Manfaat Teknologi Dalam Kehidupan Manusia – Teknologi sebenarnya sejak dulu sudah ada. Pada dasarnya teknologi diciptakan untuk...
-
A. Uang Pengertian Uang Uang adalah alat tukar menukar yang diterima masyarakat dan digunakan sebagai alat untuk membayar berbaga...
-
Definisi Peraturan dan Regulasi Peraturan adalah sesuatu yang disepakati dan mengikat sekelompok orang/ lembaga dalam rangka mencapai s...
-
Kelebihan Windows 10 Perusahaan penguasa terbesar dunia, dibidang sistem operasi komputer tersebut, akan bersiap-siap meluncurk...
Blog Archive
-
►
2017
(6)
- ► 05/07 - 05/14 (3)
- ► 04/02 - 04/09 (2)
- ► 03/19 - 03/26 (1)
-
▼
2016
(8)
- ► 11/27 - 12/04 (1)
- ► 10/16 - 10/23 (1)
- ► 04/17 - 04/24 (2)
- ► 04/03 - 04/10 (1)
- ► 03/06 - 03/13 (1)
-
►
2015
(24)
- ► 11/22 - 11/29 (1)
- ► 10/18 - 10/25 (1)
- ► 05/31 - 06/07 (5)
- ► 04/26 - 05/03 (5)
- ► 04/12 - 04/19 (3)
- ► 03/22 - 03/29 (3)
- ► 03/08 - 03/15 (1)
- ► 01/18 - 01/25 (5)
-
►
2014
(19)
- ► 12/21 - 12/28 (7)
- ► 11/23 - 11/30 (2)
- ► 11/09 - 11/16 (2)
- ► 10/12 - 10/19 (1)
- ► 10/05 - 10/12 (1)
- ► 09/28 - 10/05 (1)
- ► 04/27 - 05/04 (1)
- ► 04/13 - 04/20 (1)
- ► 04/06 - 04/13 (1)
- ► 03/23 - 03/30 (1)
- ► 03/16 - 03/23 (1)
-
►
2013
(2)
- ► 12/01 - 12/08 (1)
- ► 10/27 - 11/03 (1)
My Blog List
www.gunadarma.ac.id. Diberdayakan oleh Blogger.
Rabu, 20 Januari 2016
Assalmmua’laikum
Wr Wb.
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat
“Usulan Karya Ilmiah/Penelitian” pada kesempatan kali ini saya akan memberikan
sebuah contoh cara membuat karya ilmiah contoh yg akan saya buat adalah tentang
materi “Output/Grafis primitive” berikut langkah-langkah cara membuat
karya ilmiah “Output/Grafis primitive”
LATAR
BELAKANG
Output/Grafis
primitive merupakan bentuk geometri dasar yang sering digunakan untuk membuat
suatu bentuk objek yang kompleks. Titik dan garis lurus adalah bentuk geometri
paling sederhana dan komponen gambar. Keberadaan garis sudah ada sejak zaman
nenek moyang, saat mereka melakukan suatu upacara/ritual dalam kepercayaan
mereka dengan membuat suatu goresan-goresan di dinding-dinding gua. Dari
guratan itulah tercipta berbagai macam garis yang saling tersambung lalu
membentuk suatu obyek obyek yang biasa kita sebut gambar. Dari gambar inilah
tercipata sebuah lukisan-lukisan yang nantinya menjadi cikal bakal lahirnya
berbagai macam huruf yang akan mereka gunakan sebagai alat komunikasi. Selain
garis yang sering dikenal dengan kontur, garis ini bisa juga digunakan untuk
mengungkapkan sebuah gerak dan bentuk baik itu dalam bentuk 2 dimensi
atau 3 dimensi.
RUMUSAN
MASALAH
- Apakah yang dimaksud dengan
output primitive?
- Apa saja atribut yang digunakan
didalamnya?
- Apa saja algoritma yang
digunakan di dalam tipe garis?
TUJUAN
PENULISAN
- Memahami konsep output
primitive.
- Memahami pengertian
atribut-atribut yang digunakan didalamnya
- Memahami dan membedakan
algoritma pembuatan garis.
- Menganalisis algoritma
pembuatan garis DDA.
MANFAAT PENULISAN
Agar
pembahasan mengenai ouput primitive tidak membahas hal hal yang terlalu
mendalam dan tidak terjadi kesalahpahaman maka haruslah ditentukan pembatasan dalam
penulisan, adapun pembatasan penulisan tersebut antara lain penulisan hanya
membahas mengenai ouput primitive, dan atribut yang ada didalamnya serta
memahami dan menganalisis algoritma pembuatan garis DDA.
KAJIAAN
TEORI
Grafika
komputer atau dalam bahasa Inggris computer graphics dapat diartikan sebagai
perangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat gambar,
grafik atau citra realistik untuk seni, game komputer, foto dan film animasi.
Grafika computer merupakan bagian yang paling menarik dari bidang ilmu
komputer, ini dikarenakan untuk dapat memahaminya dengan baik diperlukan
kemampuan matematika dan juga keahlian untuk memprogram dan kreativitas.
Elemen
Gambar untuk Menciptakan Gambar dalam Komputer
Penghasilan citra pada grafik komputer
menggunakan primitif grafik dasar. Primitif ini memudahkan untuk merender
(menggambar pada layar monitor) sebagaimana penggunaan persamaan geometri
sederhana. Primitif grafik dasar yang dipakai dalam algoritma berbasis visual
interaktif diantaranya:
- Titik
- Garis
METODE
PENELITIAN
Algoritma
Digital Differential Analyzer (DDA) adalah
algoritma pembentukan garis berdasarkan perhitungan Δx dan Δy, menggunakan
rumus Δy = m.Δx. Garis dibuat dengan menentukan dua endpoint yaitu titik awal
dan titik akhir. Setiap koordinat titik yang membentuk garis diperoleh dari
perhitungan, kemudian dikonversikan menjadi nilai integer.
Langkah-langkah pembentukan menurut
algoritma DDA, yaitu :
- Tentukan dua titik yang akan
dihubungkan.
- Tentukan salah satu titik sebagai
titik awal (x0, y0) dan titik akhir (x1,
y1).
- Hitung Δx = x1 – x0
dan Δy = y1 – y0
- Tentukan step, yaitu jarak
maksimum jumlah penambahan nilai x maupun nilai y dengan cara :
- Bila nilai |Δy| > |Δx| maka
step = nilai |Δy|.
- Bila tidak maka step = |Δx|.
- Hitung penambahan koordinat
pixel yaitu x_increment = Δx / step dan y_increment = Δy / step.
- Koordinat selanjutnya (x+
x_increment, y+ y_increment).
- Posisi pixel pada layer
ditentukan dengan pembulatan nilai koordinasi tersebut.
Ulangi step 6 dan step 7 untuk
menentukan posisi pixel selanjutnya, sampai x = x1 dan y = y1.
Contoh :
Untuk menggambarkan algoritma DDA
dalam pembentukan suatu garis yang menghubungkan titik (10,10) dan (17,16),
pertama-tama ditentukan dx dan dy, kemudian dicari step untuk mendapatkan
x_increment dan y_increment.
Δx = x1 – x0 =
17-10 = 7
Δy = y1 – y0 =
16-10 = 6
Selanjutnya hitung dan bandingkan
nilai absolutnya.
|Δx| = 7
|Δy| = 6
Karena |Δx| > |Δy|, maka step =
|Δx| = 7, maka diperoleh :
x_inc = 7/7 =1
y_inc = 6/7 = 0.86
k
|
x
|
Y
|
round(x),round(y)
|
(10,10)
|
|||
0
|
11
|
10,86
|
(11,11)
|
1
|
12
|
11,72
|
(12,12)
|
2
|
13
|
12,58
|
(13,13)
|
3
|
14
|
13,44
|
(14,13)
|
4
|
15
|
14,3
|
(15,14)
|
5
|
16
|
15,16
|
(16,15)
|
6
|
17
|
16,02
|
(17,16)
|
18
|
|||||||||||
17
|
|||||||||||
16
|
|||||||||||
15
|
|||||||||||
14
|
|||||||||||
13
|
|||||||||||
12
|
|||||||||||
11
|
|||||||||||
10
|
|||||||||||
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
Disini saya akan menjelaskan Pengertian Deduktif dan
Induktif
Deduktif
adalah sebuah paragraf yang
kalimat utamanya berada di awal paragraf, kemudian diikuti kalimat penjelas,
paragraf deduktif ini menggambarkan sesuatu yang lebih atau menjelaskan suatu
kejadian yang lebih spesifik.
Contoh kalimat paragraf deduktif
Pemuda warga desa tenteram
memutuskan melaksanakan jam belajar masyarakat dengan tertib. Sebelumnya,
banyak anak sekolah yang dibiarkan di luar rumah, dan hanya duduk duduk di
pinggir jalan pada saat jam jam belajar. Para pemuda mulai mendatangi orang tua
dan memberi pengertian pentingnya belajar bagi anak anak mereka. Apabila warga
menemukan anak-anak mereka sedang kumpul - kumpul di pinggir jalan pada saat
jam belajar, mereka akan diperingatkan dan diajak untuk belajar bersama. Jam
belajar masyarakat dimulai pukul18.00 sampai pukul 20.00.Kalimat utama dalam
paragraf di atas adalah kalimat yang pertama yaitu , Pemuda warga desa
tenteram memutuskan melaksanakan jam belajar masyarakat dengan tertib
Induktif
Sama
hal nya dengan paragraf deduktif paragraf induktif adalah paragraf yang diawali
dengan kalimat yang berisi penjelasan- penjelasan kemudian diakhiri dengan
kalimat utama,
Menggambarkan atau menjelaskan kejadian di
awal dan mengakhirinya pada kalimat utama.
Contoh kalimat paragraf induktif
Banyak pedagang kaki
lima yang entah bagaimana awalnya, seperti mengelompokkan diri hanya dengan
menjual jenis barang tertentu di sebuah trotoar tertentu. Selanjutnya,
tampillah trotoar tersebut sebagai etalase khusus. Bahkan, banyak barang khas
trotoar terkenal di Jakarta yang tidak bisa dijumpai di toko-toko resmi. Dari
suasana tersebut ternyata banyak trotoar yang akhirnya menjadi terkenal karena
penampilanya yang khas.
Bisa dilihat antara perbedaan dari kedua
paragraf tersebut.
Paragraf deduktif kalimat utamanya berada
di awal paragraf, kemudian diikuti kalimat penjelas sedangkan paragraf induktif
paragraf yang diawali dengan kalimat yang berisi penjelasan- penjelasan
kemudian diakhiri dengan kalimat utama.
Langganan:
Postingan (Atom)